Penipuan via Telpon

Kejadiannya beberapa hari lalu, sehabis maghrib aku tiduran malas di depan tivi sementara anakku lagi bermain sama ayahnya. Telpon bergetar tanda telepon masuk, nomor asing, tadinya mau kucuekin saja soalnya entah kenapa sejak di berau nomorku berkali2 dapet panggilan nyasar -_-“. Tapi daripada nggak ada kerjaan aku angkatlah, hwahwahwa… :p

Setelah berheloow ria dengan nada malas gitu, suara laki2 yg ngaku Pak… siapa lagi tu, lupa aku, hihi… meminta maaf mengganggu dan nyomot waktu sebentar bla bla bla… aku menanggapi masih ogah2an sambil tiduran. Lalu, dengan bahasa cepat kayak dikejar kreta dia menjelaskan maksud dan tujuannya, bahwa… aku masuk menjadi pemenang undian 10jt dan sejumlah pulsa dlm rangka hari ultah INDOSAT ke-51 ;)). Ekspresi dan bicaraku masih adem ayem yg bikin bapaknya semakin cerewewewewet ngobral janji2 manisnya, tapi aku layanin ajalah, jarang2 ditelpon dapet kejutan manis meski boongan😀.

Doi nanyain namaku, domisiliku, kartu atm-ku (rada males pas ngelayanin omongan dy soal atm, gayanya penen tauuuk aja, atmku bank apa, jarak atm tdekat apa, dst dst), Lalu dengan gaya bos nyuruh akika meluncurrr ke atm tdekat tsb, dengan telpon masih aktif tidak dimatiin, ealah malessss!!! alamat udahan ini yak ngobrol sama doi hiahahaha ;)). Akhirnya waktunya ngeles, meski nggak bisa cantik menik2, hihi, aku bilang oke2, nanti saya ke atam, tapi aku cek dolo ya pak ke indosatnya, doi ngerayu2 dan usaha meyakinkan aku utk percaya. Tapi langsung dah aku bilang,

“Ya seharusnya kan kalo ini dari INDOSAT sudah tahu pasti nama saya siapa, alamatny di mana, dst, karna kan data2 saya ada di INDOSAT pak”

“KLIK!”

Sambungan telpon langsung terputus!! Jiahhhh… udahan deh… hikssss… aku terlalu tudepoin sih ya, jadinya dia langsung tahu akunya nggak bisa diboongi lagih… huhuhu…😦

Tapi lumayanlah bisa ngobrol panjang lebar jadi makin tahu modus2 penipuan kayak gini, poin yg dipake penipu ini di antaranya:
> Nanyain everything bout atm yg kita punya (nanyanya sumpah nyakitin banget!! apalagi kalo teringat saldo kita nol rupiah, aduhhh… sakitnya tuhhh… )
>Nanyain nama domisili, padal kl kita bli kartu kan udah ngisi data2 yak wkt registrasi awal, kecuali kl kita ngisinya asal2an yak, aku sih dulu sepenuh hati cint ngisinyaaa :))
> Bilang klo beberapa jam lalu pengundian pmenang ditayangken live di salah satu tivi, nggak tahu kenapa ini penipu yakin amat kita nggak nonton yak, hahay.. katanya pula ntar malem ditayangin ulang kok…
>Trus nyuruh2 kita ke atm segala, maksa pulakk… aih… kan tgl transfer aja, pajak ditanggung pemenang tinggal potong aja dr hadiahnya  mau nipu aja ribet…!!

Semuanya ati2 yaaa…

4 responses

  1. Hahaha… untuk sabar melayaninya dg panjang lebar sudah oke, mbak Danti.
    Usul nih, lain kali pura-pura lugu aja, gak usah buru2 to the point, kecuali kalo memang sibuk berat. Kerjain aja seperti pura-pura nyari ATM gak ketemu2, kemudian beberapa menit kemudian ketemu, dan sedang OTW pergi ke ATM, kemudian bilang kalo lagi antri panjang (khan telpon gak boleh dimatiin tuh), trus kalo dah di depan ATM pura2 bego, bilang yg biasa ngurus ATM suami saya, saya tinggal terima duit, baru kali ini pergi ke ATM, blablabla… (padahal aslinya sih nelpon sambil leyeh2 di depan tipi). Intinya kerjain dia sampai boros pulsa dia🙂
    Istriku pernah ngerjain yg demikian itu sampai yg diseberang sana (penipu) sewot saking jengkelnya🙂

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s