Mengajarkan Bayi Membaca?

Ahhh Alhamdulillah sy dan suami pernah bersepakat utk tak mengajarkan anak membaca tll dini, atau memaksanya belajar membaca di uaia dini ^^

Lily Ardas

Miris rasanya melihat semangat orang tua yang mengajarkan anak bayinya membaca. Tahukah anda, hal itu beresiko pada kerusakan otak dan karakter anak anda?

Dalam sebuah seminar pendidikan yang diadakan oleh Fundi Motessori Teacher Training Center, dijelaskan bahwa perkembangan otak anak berdasarkan teori Triune Brain oleh Paul M. Lean, memiliki tahapan sebagai berikut:

  • Fish Brain –  merupakan perkembangan batang otak anak yang terjadi ketika anak masih di dalam kandungan.  Itu sebabnya mengapa seorang bayi mampu “berenang” di dalam kandungan ibunya, juga mampu berenang di dalam air tanpa ada yang mengajari. Coba aja cemplungin bayi-bayi baru lahir up to 1-2 months ke dalam bak mandi, secara otomatis mereka akan menggerak-gerakkan kaki dan tangannya seperti seekor anjing yang sedang berenang. Tapi umumnya orang tua udah keburu ngeri duluan🙂
  • Reptile Brain – merupakan bagian perkembangan dari batang otak dan cerebelum. Pada fase ini anak memiliki tingkah laku seperti reptil yaitu bergerak, melawan…

View original post 1,135 more words

2 responses

  1. Stage pertama dalam belajar membaca adalah MINAT membaca. Gak apa-apa kalo bayi ato balita suka ngambil-ngambil buku dari rak dan minta dibacakan. Lama-lama dia nanya ini apa, itu apa. Tanpa dipaksa, ketika dia siap suatu saat dia yang ‘minta’ diajarkan membaca.

    Pengalaman saya dulu waktu kecil papah dan mamah sama-sama hobi membaca. Karena itu, aku suka banget buka-buka buku dan pura-pura membaca. Ada satu buku favorit yang suka saya ‘baca’ berulang-ulang semenjak usia 3 tahun-5 tahun. Pas usia 5 tahun, saya sendiri yang meminta mama mengajarkan baca, dan sebelum masuk TK (usia 5,5 tahun) sudah bisa membaca.

    Tapi pengalaman ini gak bisa disamain sama semua anak. Cuma, karena pengalaman ini, saya santai aja, gak ngerasa perlu memaksa anak baca buku. Untungnya sy suka baca buku di depan anak-anak, jadi mereka suka ngambil2 buku dari rak untuk minta dibacain🙂. In shaa Allah ketika mereka siap, mereka akan lebih gencar minta diajarin ‘kode-kode’ huruf supaya bisa membaca tanpa bantuan bundanya hehe.

    Halah, komen saya jadi panjang. Maaf ya, Bun ^^

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s