Lagi-lagi Ditemukan Balita Merokok

Siang ini, kembali saya mendengar kabar tentang seorang balita di wilayah Blora, Jawa tengah menjadi perokok aktif. Dalam sehari Wahyu (nama anak tersebut) mampu menghabiskan sebungkus batang rokok. Masya Allah!! Saya sempat mendengar dan melihat dialog antara wartawan televisi dengan ibunya, kurang lebih beginilah yang dicurhatkan sang ibu kepada media:

“Anak itu kalau ndak dikasih ya nangis mas, sudah saya marahin, saya pukul, saya cubit, tapi tetep nggak mempan”

Saya jujur miris mendengar pengakuan si ibu. Dipukul? Dicubit? Apa yang ada di benak sang ibu? Sekarang, –dan sebenarnya sejak dahulu, melakukan “kekerasan” terhadap anak untuk menghukum dan mendidik anak, terbukti tidak ada manfaatnya. Sekalipun jika sang anak terlihat manut dan nurut, namun “paku-paku” yang ditancapkan sang ibu di hatinya tidak akan pernah hilang, dan itu akan ia kenang dan mungkin dijadikan pedoman dalam mendidik anak keturunannya nanti. Nau’udzubillah!

Saya memahami, seorang ibu pastilah tidak mungkin membenci anaknya, selalu melakukan yang terbaik demi masa depan sang anak. Tetapi tak bisakah kita mengerti bahwa mencintai itu tidak melulu perkara memanjakan, kasihan, bersikap lemah terhadap kemauan anak, menuruti segala permintaannya. Cinta yang kita miliki harus tegas, sekaligus lembut.

Ingat, anak apalagi jika masih balita, membutuhkan pengasuhan yang positif dari orang dewasa seperti kita. Ia masih bersusah payah memahami antara perilaku baik dan buruk, perbuatan terpuji ataukah tercela. Mari kita turut menjadi bagian dari orang dewasa yang peduli terhadap jiwa suci yang dimiliki kanak-kanak .

 

Salam prihatin,

Sukmadanty

Komentar

