Facial Ala Salon di Rumah

Assalamu’alaikum wr. wb. Selamat siang sodara sodariku! Kemarin saya –setelah sekian lama tidak menyambangi salon– facial di sebuah salon khusus muslimah di Jogjakarta, tetapi bukan salon Fathimah yah, hehehe. Tetapi, ternyata tidak sesuai dengan harapan. Saya pikir kalau di salon maka proses pembersihan dan pencerahan wajah akan dikerjakan dengan sangat mendalam. Kecewa sangat, saya memiliki usaha salon kecantikan juga, jadi tahu, bener-bener dibuat kecewa karena bahkan utk pencet komedo saja kena tambahan biaya, harganya tidak sebanding dengan prosesnya yang bisa saya kerjakan sendiri di rumah, tanpa alat salon! Bisa emang? BISA banget! Mau tahu? Saya akan beberkan kepada anda facial ala salon yang bisa anda kerjakan di rumah, murah meriah dan pastinya puas!😉

Praktek yuks!

Bahan:

  1. Cleanser & tonic
  2. peeling/scrub wajah
  3. minyak zaitun
  4. Air panas & anget
  5. Minyak aromaterapi (kalau ada)
  6. Masker sesuai jenis wajah
  7. Serum (optional) atau moisturizer
  8. alkohol

Alat:

  1. Baskom (air panas utk penguapan, air anget utk membersihkan sisa scrub)
  2. Handuk
  3. Tissue & kapas
  4. Sendok Una (untuk pencet jerawat & komedo, beli aja di toko penjualan alat salon/kosmetik, bilang aja mau beli alat pencet jerawat, udah ngerti pasti mbaknya, sendok una macem-macem bentuknya, beli yang salah satu ujungnya bulat bolong, hehe)

Caranya:

  1. Bersihkan wajah dengan cleanser yang sesuai dengan kondisi wajah. bersihkan sisa cleanser dengan air anget atau tonic.
  2. Teteskan minyak zaitun ke atas permukaan tangan, gosokkan sampai anget lalu tempelkan di wajah sampai kulit wajah merasakan kehangatan dari tangan kita. Lalu mulailah memijat. nah metode memijat wajah ini tersebar di youtube, cari aja yah. Hehe.
  3. Scrubbing. Fungsinya untuk mengangkat sel-sel kulit mati.
  4. Penguapan. Caranya letakkan wajah menghadap baskom yang telah diisi air panas/anget, kemudian tutupi kepala dengan handuk untuk menjaga uap air mengenai wajah secara optimal. Setelah merasa wajah agak kaku/tebal maka sudah cukup. Fungsinya untuk membuka pori-pori, sekaligus berfungsi sbg detox yang menyenangkan dan menenangkan.
  5. Lalu lap dengan tissue wajah kita.
  6. Gunakan sendok una untuk memencet komedo, hindari untuk memencet jerawat, apalagi jika belum berpengalaman. jangan lupa, sebelum memencet, bersihkan sendok una dengan alkohol, juga bagian wajah yang kita pencet untuk mematikan bakteri yang bisa mendorong timbulnya infeksi bahkan jerawat.
  7. Masker wajah sesuai dengan kondisi wajah. tunggu 10-15 menit/ sampai kering.
  8. Setelah dibersihkan dengan air anget, oleskan serum atau moisturizer, tetapi kalau kulit anda berminyak tidak usah pakai moisturizer.
  9. Dan tara! Kulit anda sekarang segar dan cerah berseri2, lakukan dengan rutin ya ladies, utk hasil yang cling2. Dan terpenting jaga pola makan  & gaya hidup yang sehat untuk hasil yang paling maksimal.

Mau diskusi? bisa kok; new_ayyah@yahoo.com atau 02749575287 atau tinggalkan komentar di jurnal ini. Thank you!😉

 

17 responses

  1. bunda, menarik sekali artikelnya. cuman saya punya beberapa pertanyaan. saya kurang paham masalah produk cleanser, scrubbing, serum atau moisturizer, masker. bisa kasi contoh produknya? maklum gk pernah pergi ke salon facial. mungkin berguna suatu saat bagi istri

    • cleanser maksudnya pembersih wajah, contohnya produk viva milk cleanser, scrub wajah utk pengelupasan sel kulit mati/peeling, contoh produknya peeling sari ayu, serum/vit wajah dan moisturizer utk melembabkan wajah, contoh wardah moiturizer cream, masker wajah utk melembabkan, menutrisi kulit, dll contoh produknya ada dari viva, sari ayu, ovale, dll. Smg bermanfaat🙂

  2. Oh, ya ya ya.. *manggut2

    Makasih ya Bunda atas tipsnya.. *manggut

    Kenapa ya harganya gak sesuai perlakuannya? *geleng2

    Lebih baik melakukan sendiri dirumah kalo begitu… *sekali geleng (buang muka)

    Jadi pengen nyoba.. *tiba2 muka langsung bersih (komedo langsung kabur terbirit-birit)

  3. Ini baiknya di lakukan rutin setiap hari, atau dalam waktu tertentu, semisal seminggu sekali mungkin

  4. bunda kalo untuk yang kulitnya berminyak gmana ya ? sarannya dong aku banyak mengeluarkan minyak wajahnyah😦

    • kalau mau lakukan facial boleh, pilih kosmetik yg khusus kulit berminyak ya, abis facial g usah pake moisturizer lagi. kalau pake make up, kompres kulit wajah dgn es…

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s