Road To Karimunjawa (day 2): Ketika Ikan-ikan Bertasbih

Setelah cukup beristirahat semalam, kami dengan antusias menanti panggilan berkumpul dari pemandu tur yang akan membawa kami berkeliling ke pulau-pulau kecil di seputar Karimunjawa. Penantian ini tak ada yang istimewa, tak ada yang menarik, kecuali saat tiba-tiba Iqbal mengetuk pintu kamar kami (aku-mb desi) sangat keras, sehingga nantinya itu menjadi pembahasan antara aku dan mba Desi karena adegan anarkis tersebut diulangnya beberapa kali, hahaha.

Saat kami berjalan menuju mobil yang sedianya akan mengangkut kami menuju dermaga kapal cepat, semua rombongan telah berkumpul, ternyata kami kelompok paling terakhir, wah jadi nggak enak sendiri. Di dermaga kapal cepat kami memasang aksi, seperti biasa, pokoknya kami tidak mau melewatkan setiap detik, setiap spot cantik begitu saja.
Setelah cukup puas bergaya di pinggiran laut Karimunjawa yang biru, kami pun berangkat. Perjalanan menuju pulau pertama memakan waktu kurang lebih satu jam, cukup membosankan, apalagi kita diputer-puterin dulu sebelum ke pulau Menjangan Kecil (bener gak ya? lupa :p). Namun kebosanan itu dengan cepat terbayarkan begitu kita disuguhi panorama pulau kecil berpasir putih. Indah sekali! Apalagi air laut di situ memiliki corak warna yang khas, biru bening.
Dua orang yang sedang berenang di atas adalah dua dari enam kawan baik kami selama di Karimunjawa. Di pulau ini, kami harus menyeberang cukup jauh untuk mencapainya, hehe. Dan di salah satu pulau tak berpenghuni inilah untuk pertama kalinya kami terpukau🙂
Setelah puas bermain dan bergaya bak foto model di pulau ini, kami menuju perairan di mana perahu kami bersandar, di sini kami dilatih untuk snorkling. Pada awalnya semua merasa gugup, karena ini adalah kali pertama kami “berendam” di lautan. Aku sendiri tanpa sadar dan tanpa banyak berpikir membuntuti salah satu pemandu yang berenang jauh ke tengah. Wew! setelah cukup jauh dari perahu aku baru sadar ternyata aku berada di gugusan karang yang cantik-cantik. Tidak menyesal tersesat jauh di sana, hehe. Dan sesuatu yang kusesali adalah saat kami membuat banyak kesalahan terhadap alam, maklum pengalaman pertama, kami miskin ilmu. Eh terutama aku. Karang-karang itu aku pegang, bahkan kena bau kakiku. Tetapi pelajaran dari pengalaman pertama ini sangat berharga, besok-besok (kapan ya?) gak lagi-lagi begitu deh😦
Nah, waktunya snorkling beneran! Kami diajak ke sebuah spot snorkling yang berada agak jauh dari posisi pertama. Hari pertama snorkling kami disuguhi dua spot yang bagus. Dan spot kedua adalah spot di mana kami berenang bersama ikan-ikan kecil yang sama sekali tak takut kami dekati.
Mereka bahkan memakan nasi yang aku letakkan di tangan, geli rasanya, tetapi ada perasaan yang tak terlukiskan saat mereka menggigit-gigit tanganku.
Di antara pulau yang kami kunjungi, ada satu pulau tempat kami beristirahat dan makan siang yang memiliki pasir selembut sutera (halah), berwarna putih, dan memiliki corak warna laut yang indah. Hmm apa namanya ya? lupa. Hehe. Pulau ini tak luput menjadi ajang penyaluran bakat terpendam kami; foto model. Haha.
Seharian berada di laut tak cukup memuaskan jiwa petualang kami, maka setelah sampai kembali di dermaga kapal cepat, kami menolak kembali ke pondokan bersama rombongan. Justru kami berjalan menuju sebuah sumur umum, eh toilet umum yang ada sumurnya, di sini kami, maksudku aku dan mba Desi saling gebyur menggunakan air sumur yang kami timba sendiri. Bisa dibayangkan, kami berjalan pulang dengan kondisi badan basah kuyub. Oh iya, satu lagi, pasir putih yang aku bawa dari salah satu pulau ketinggalan di sumur ini, betapa menyesal tiada terkira, huhu. Tapi okelah, hari ini kami sangat-sangat menikmatinya🙂
–Bersambung–
Untuk membaca jurnal yang lain klik:
EnjoY!

6 responses

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s