Cara Belajar Anak Kinestetik

Seorang anak yang termasuk pembelajar kinestetik kadang disalahartikan sebagai ADHD (attention deficit hyperactivity disorder). Anak-anak dengan tipe pembelajar kinestetik mudah stres ketika mereka hanya disuruh duduk diam, membaca dan mendengarkan di lingkungan kelas. Dan untuk meredakan stress yang mereka alami, mereka mungkin melakukan beberapa tindakan seperti berulang-ulang ke belakang, atau meraut pensil mereka di kelas. Sementara di kursi mereka, mereka mulai menggeliatkan kaki mereka, menggoyang-goyang atau bersandar di kursi mereka. Ketika perilaku ini tidak dapat diterima  guru atau pengasuh, mereka sering disalahartikan dengan gangguan perhatian.

Penting bagi kita untuk mengidentifikasi karakteristik umum dari pembelajar kinestetik dan menemukan metode pengajaran sesuai dengan gaya belajar anak. Dalam beberapa hal, semua anak adalah pembelajar kinestetik/fisik juga. Mereka ingin menyentuh dan membenamkan diri dalam kegiatan belajar dengan konsep dan ide-ide baru. Beberapa anak mungkin mengadopsi gaya belajar lainnya seiring berjalannya waktu, tetapi pembelajar kinestetik mempertahankan gaya belajarnya yang kuat. Mereka perlu dilibatkan dalam kegiatan belajar terbaik.

Pada dasarnya, anak dengan tipe pembelajar kinestetik memiliki karakter sebagai berikut:
– Suka menyentuh, merasakan dan memegang sesuatu
– Rentang perhatian pendek
– Menyukai kegiatan yang membuatnya terus bergerak dan bekerja
– Lebih memilih untuk menunjukkan daripada menjelaskan sesuatu
– Mereka dapat mempelajari sesuatu dengan tangan secara lebih baik, suka mencoba segala sesuatunya sendiri.

Membuat anak-anak duduk belajar di dalam lingkungan kelas akan sangat menantang. Meskipun anak-anak mungkin cenderung  tidak dominan kinestetik, namun kita akan melihat bahwa menjelajahi lingkungan di luar ruangan dan melakukan kegiatan prakarya adalah alat belajar yang terbaik untuk anak-anak. Kegiatan-kegiatan serupa untuk pembelajar kinestetik membantu karena membuat mereka bergerak dan anak-anak pun mampu menyentuh dan merasakan sesuatu saat mereka belajar.

Menjelajahi Pantai

Anak-anak suka pergi ke pantai untuk bermain pasir, ini membuatnya dapat menyentuh dan merasakan secara langsung hal-hal yang ia sukai. Anda dapat membangun istana pasir, dan pada saat yag sama anda dapat mengajarinya menulis di atas pasir. Memilih beberapa kerang; mengamati bentuk dan warna kerang. Bahkan kerang berwarna putih pun dapat disulap menjadi cantik dengan mewarnainya menggunakan cat air.

Menjelajahi Taman

Menjelajahi taman adalah cara terbaik untuk mengenalkan anak tentang tanaman dan pohon. Berjalan-jalan di sekitar taman dan menunjukkan kepada mereka berbagai bentuk pohon, mengumpulkan beberapa biji, mengamati buah-buahan,menyentuh daun, dan bau bunga-bunga. Kegiatan belajar seperti ini membantu anak untuk mempelajari ilmu biologi/botani yang diajarkan di sekolah dengan baik, sementara mungkin teman-temannya  berjuang dalam mengenali pohon dan bunga dari buku teks.

Membangun Model

Blok atau lego adalah mainan paling umum untuk anak-anak dari segala usia dan mereka selalu senang memainkannya. Mainan seperti itu sangat serbaguna dan mengilhami anak-anak untuk belajar dan menjadi kreatif. Tergantung pada usia anak-anak Anda, jika usia mereka lebih tua, Anda juga bisa membuat pesawat, dinosaurus atau hewan. Anda harus mempertimbangkan mainan ini sebagai salah satu investasi Anda dalam mengembangkan pembelajaran anak-anak Anda.

Berpartisipasi dalam drama dan memainkan peran

Dorong anak Anda untuk berpartisipasi dalam drama di sekolah. Mereka memiliki kesempatan untuk menggunakan tubuh dan gerakan untuk berekspresi. Ini adalah sarana belajar yang baik untuk anak kinestetik.

Melakukan kegiatan memasak

Melibatkan anak-anak dalam kegiatan memasak adalah pengalaman belajar yang besar bagi mereka. Menghabiskan waktu bersama ibu di dapur menambah pengetahuan mereka  tentang pengukuran volume (ketika ibu mengukur bahan-bahan yang digunakan untuk kue), memahami berbagai ukuran, bentuk dan benda tiga dimensi (dari peralatan dapur dan peralatan masak), mengenali suhu (pengaturan suhu pada oven) dan melatih keterampilan koordinasi tangan-mata. Ini adalah ide yang bagus untuk melibatkan mereka dalam memasak karena mereka menikmatinya sambil membantu Anda dalam salah satu pekerjaan rumah tangga sehari-hari.

Jika anak Anda adalah pembelajar kinestetik, buatlah ia terlibat dalam kegiatan belajar, karena ini adalah pilihan untuk metode belajarnya. Biarkan anak Anda senang dan berhentilah untuk memberinya label sebagai anak yang tak mau diatur/nakal.

Sumber Bacaan: http://www.kids-activities-learning-games.com/kinesthetic-learners.html

19 responses

  1. bagaimana membantu anak type kinestetis untuk memahami pelajaran di sekolah ? dan bagaimana cara belajar di rumah dalam menghadapi ulangan / test ?

    • anak kinestetik itu sangat suka dengan gerakan dan sesuatu yg bergerak Bund. Coba si anak dianjurkan belajar dgn menuliskan kembali materi pelajaran dgn bahasanya sendiri. Lebih kreatif lgi, anak bisa menjadikan materi pelajaran sbg sajak/puisi yg dia baca keras2 ala penyair. Atau menghafal/membaca sambil jalan/berputar mengitari ruangan. Smg bermanfaat🙂

  2. kemudian bagaimana cara kita mengatasi anak kinetetik yang takut akan kegagalan dalam pelajaran di sekolah, terutama pelajaran matematika atau IPS?

    • Jika usia anak masih usia SD, pelajaran matematika atau IPS dpt divariasi dg kegiatan outdoor yg menyenangkan (berarti si ibu/ayah/guru harus menyediakan waktu ekstra demi si anak, sekali-kali nggak papa, lebih baik lgi berkali2, hehe). Ttg aktivitas praktis utk belajar matematika atau IPS bs dicari di internet, smg merangsang anak utk mau mengeksplor. Jgn lupa berikan motivasi kpd anak🙂

  3. Anak saya umur 7thn termasuk tipe anak kinestetik… Saat ini dia terkendala dalam pembelajaran bhs mandarin… Adakah cara yg mudah untuk membantu dia mengingat vocab yg sedang dipelajarinya, karena dgn cara penulisan vocab tsb berulang2 msh blm terbantu dan efek yg saya liat dia menjadi semakin tidak enjoy dgn mata pelajaran tsb…terimakasih🙂

  4. Pingback: Sekolah untuk Anak Kinestetik | Rully's Blog

  5. Anak saya 6 tahun baru masuk SD, sebenarnya dia dapat membaca tapi suka asal menjawabnya, kadang terkesan seperti meledek. Bagaimana cara mengatasinya, untuk info pada saat tes psikologi di sekolah dia termasuk anak yg kinestetIk.

  6. Anak ku baru berumur 4th,skr dia aku masukkan di full day school…tapi baru satu minggu sekolah masuk minggu ke dua dia sudah mogok gak mau sekolah lagi…dia termasuk anak yg aktif sekali,tidak bisa diam dan duduk tenang.apakah bisa dikategorikan anak kinestetis?… kalo aku perhatikan dari cara dia belajar sesuatu dengan mengamati sewaktu diminta mempraktekan dia lgsg bisa.jadi bunda,termasuk dalam kategori yang manakah putraku?

    • Tipe belajar anak dikategorikan menjadi 3 mi, audio (suara), visual (gambar), dan kinestetik (fisik). Kinestetik sdh dijelaskan dlm artikel di atas, sementara anak audio memiliki ciri yg plg gampang; mudah mengerti hanya dengan mendengarkan saja, anak tipe ini sanggup duduk anteng lebih lama utk mendengarkan. sementara visual cirinya adalah mudah menerima penjelasan dengan banyak gambar/skema gambar. Anak kinestetik mmg lbh menyukai praktek langsung apa yg diajarkan kepadanya.

      Menurut sy, balita seharusnya lbh banyak menghabiskan waktunya dgn bermain (meskipun pada akhirnya dlm permainan yg ia lakukan mengandung pelajaran sehari-hari), sehingga tak perlu memaksakan sang anak utk sekolah/belajar di lembaga formal lainnya, yg ptg qt sbg ortu memberikan pengalaman yg kaya kepadanya dgn aktivitas2 yg merangsang kecerdasannya/otaknya. Smoga bermanfaat🙂

  7. bundapiaradaku, anakku sudah kelas VI sd (hasil test dmi, kinestetik). Kalau belajar matematika susah banget. Gimana caranya ya, bunda agar dia lebih tertarik belajar. Bentar lagi kan UN. Ditunggu replynya. Tx before

    • Maaf baru balas bu. Wah sebentar lagi ya menghadapi UN, menurut sy jgn risaukan dulu apakah ia kinestetik atau yg lain. Yang jelas, qt dampingi ia terus dlm belajar, dorong ia utk terus latihan soal2…
      smg sukses ya bu…🙂

  8. Maaf mau tanya anak saya dikelad gk msu diam.tapi kalau ditanya gurunya bisa jawab dih.apa itu termasuk anak kinestik

    • Belum tentu jg bunda, namanya anak2 kdg bosan dgn suasana kelas yg cenderung pasif. Utk menentukan anak tsb kinestetik atw tdk sebaiknya dibuka jg komunikasi dgn ortunya, apakah ciri2 kinestetik jg diunjukkan anak di rumah? Begitu bund, smg lancar ya ngajarnyaaa..

  9. di kelas saya mempunyai beberapa anak yang tipe kinestetik. subhanallah mereka sangat luar biasa dan ternyata mempunyai kecerdasan yang lebih.

    • betullll anak kinestetik memang istimewaa…. sekilas nampak anak yg tak bs diatur, tp kl bs megarahkan potensinya akan tercipta SDM unggul drinya😉

      semangat ya mengajarnya ^^

  10. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Bunda, anak saya berumur 5 tahun 4 bulan. Sekarang sudah TK B. Yang jadi permasalahan saya, anak saya belum bisa membaca. Jadi saya berencana mengulang TK B 1 th lagi. Sempat saya les kan dari guru di sekolah. Itupun hanya berjalan 1 bulan, kemudian sudah tidak mau lagi. Saat 1 bulan itu, metode guru mengajar menyuruh anak Saya duduk diam dan belajar. Setiap mau les selalu nangis seperti ketakutan belajar. Dan terkadang guru nya juga tidak sesuai dengan janji yang di ucapkan, semisal guru bilang yg terakhir, tapi tetap lanjut sampai anak Saya uring-uringan, baru akhirnya berhenti. Atau kadang Saya tegur karena saya sudah mendidik untuk berbuat apa yg di ucapkan. Saya baru tahu kalau anak Saya tipe dengan gaya belajar Kinesthetic. Karena tgl 11 April kemarin diwajibkan mengikuti psikotest terutama kelas TK B. Dan hasilnya baru keluar brp hari yg lalu. Yang mau saya tanyakan, bagaimana cara saya mengajar anak membaca? Karena kalau sudah ditanya selalu uring-uringan dan akhirnya tidak mau belajar. Kalau sudah dengar kata belajar seperti trauma. Kadang akhirnya emosi Saya memuncak dan memarahi anak.
    Terima kasih, maaf terlalu panjang dan akhirnya curhat.
    Wassalamualaikum. Wr. Wb

    • Waalaikumslm, bunda sudah tahukah bhw memaksa anak belajar membaca dan menulis itu mencederai haknya utk bermain? sedih kl ada sekolah atau institusi pendidikan yg menuntut anak bs membaca menulis di usia balita, krn tnyata itu melanggar hukum lo bunda. Smg anak bunda segera lepas dr traumanya, sementara jauhan dl sama aktivitas bc tulis, banyakin main, nnti jika anak sdh ttarik dgn buku ia akan blajar dgn senang hati, kita hanya perlu mengenalkanny dgn suka cita. smg berhasil bunda, peluk dari saya utk bunda dan anaknya😉

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s