Kenapa Ada Anak Nakal?

“Bu… kenapa sih ada anak yg bisa nakaall banget…!! Emang nakal itu,penyakit turunan yah?”

“Hah?!…”

“Kalo bukan keturunan… bawaan dari kecil yah?”

“Kamu tahu? bayi yang terlahir di dunia itu dalam keadaan bersih, tanpa dosa..”

“Kalau gitu, kutukan yah?!”

===

Itu adalah sebuah percakapan yang dapat kita lihat di film petualangan sherina (hah, jadul yah? :P). Ceritanya waktu itu Sherina curhat ke sang ibu tentang Sadam, teman di sekolah barunya. Bagaimana Sherina nggak geram, sejak pertama masuk kelas saja Sadam sudah mengusilinya. Kalau jaman saya masih SD dulu (pas lihat film ini), kayaknya perasaan yang dialami Sherina itu juga saya rasakan, rasanya jengkel abis! Huh! KOk bisa ada anak yang nakal kayak gitu?

Nah kan? jadi topik deh! Kenapa ada anak nakal? Kalau ada orang yang expert di dunia pendidikan pasti sangat tidak suka nih kalau saya pakai istilah “nakal”, kalau banyak akal sih iya! (iklan). Apalagi menyuarakan kata “nakal” di depan si anak, bisa-bisa otak bawah sadarnya langsung meng-acc dan meneruskan informasi kalau dia adalah nakal ke semua fungsi-fungsi hati dan fisiknya. Haduh!

Kan seperti pesan sang ibu dalam film di atas, setiap anak yang lahir itu dalam keadaan bersih. Jika kita temui “varian anak nakal”, ada dua kemungkinan, pertama yaitu anak tersebut sedang “belajar” sesuatu dan kedua adalah jiwanya terpenjara atau tersakiti. Sebenarnya saya rada susah mencari istilah yang tepat untuk alasan kedua. Makanya di sini pentingnya orang dewasa memahami perasaan si anak. Anak berbuat salah itu sangat wajar, karena ia bukanlah orang dewasa mini yang memiliki pengalaman lebih kaya dibanding kita.

5 responses

  1. hmm, kenapa yah?
    pada dasarnya sih anak2 itu baek koq, tp yah bener seperti ant bilang, faktor lingkungan akan sangat berpengaruh..
    *tp senakal-nakalnya anak kecil, sy pikir masih bisa ditolerir ^_^

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s