Bagaimana Gaya Hidup Pengaruhi Kesehatan Reproduksi Wanita

Hai pembaca Bundapiaradaku! Semangat pagi! Subhanallah… hari ini cerah ya! Semoga pun hati kalian secerah langit pagi ini๐Ÿ™‚

Hari ini kita cuba untuk mebaca satu tema menarik nih, menurut saya sih, semoga kalian juga menganggapnya demikian. Tentang gaya hidup alias lifestyle seorang wanita yang nantinya akan menjadi ibu dari anak-anaknya. Hih rumit ya jadi wanita? loh baru teu? emberr… :p

Ternyata memang ada pengaruhnya buat wanita jika sudah dari muda pola hidupnya kagak ada sehat-sehatnya. Gaya hidup gimana sih yang bikin kesuburan wanita terganggu? cekidot yuk (sumber)!

  1. Merokok. Selain merusak serviks dan saluran tuba, merokok merusak ovarium Anda dan menghabiskan telur Anda sebelum waktunya. Nikotin dan bahan kimia lainnya dalam rokok juga mengganggu produksi estrogen dan menyebabkan telur menjadi lebih rentan terhadap kelainan genetik. Jika Anda merokok, minta penyedia layanan kesehatan Anda untuk membantu Anda berhenti merokok.
  2. Alkohol. Minuman keras dikaitkan dengan peningkatan risiko gangguan ovulasi โ€“ dan beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa minum alkohol dapat mengurangi kemungkinan hamil. Jika Anda ingin untuk hamil, sebaiknya untuk menghindari alkohol sama sekali.
  3. Berlebihan kafein. Terlalu banyak kafein dapat meningkatkan produksi estrogen, penurunan metabolisme estrogen, dan memberikan kontribusi terhadap kerusakan tuba falopi dan endometriosis. Untuk melindungi kesuburan Anda, membatasi jumlah kafein dalam diet anda untuk tidak lebih dari setara dengan enam cangkir kopi sehari (900 miligram kafein). Ini termasuk kafein dalam kopi, teh, soda coklat, dan minuman energi.
  4. Stres. stres berat bisa menghambat ovulasi, dan bahkan stres ringan dapat mempengaruhi kesuburan anda. Banyak penelitian menunjukkan stres dapat memiliki dampak pada kesuburan wanita, peneliti merekomendasikan meminimalkan stres dan berlatih metode koping sehat ketika mencoba untuk hamil.
  5. Aktivitas fisik yang berlebihan. Terlalu banyak kegiatan aerobik intens dapat merusak kesuburan wanita dengan mengurangi produksi hormon progesteron dan menghambat ovulasi. Jika Anda memiliki berat badan yang sehat dan Anda berpikir untuk segera hamil, mempertimbangkan untuk membatasi latihan aerobik anda tidak lebih dari tujuh jam seminggu. Jika Anda kelebihan berat badan, tanyakan penyedia layanan kesehatan Anda berapa banyak kegiatan aerobik yang diperbolehkan.
  6. Terkena racun. Penggunaan berbagai bahan kimia atau bahan pencemar dapat membahayakan kesuburan Anda. Pekerja pertanian dan mereka yang terlibat dalam produksi zat-zat kimia mungkin beresiko gangguan haid. Selain itu, asisten gigi terkena tingkat tinggi oksida nitrat, pekerja yang terkena racun- seperti bahan kimia dry cleaning โ€“ dan pekerja industri terkena obat atau bahan kimia selama proses manufaktur mungkin beresiko kesuburan berkurang. Konsultasikan segala kemungkinan Anda terkena racun dengan penyedia layanan kesehatan Anda.
Jadi siap untuk sehat? yuuk…๐Ÿ™‚

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s