Perkembangan Janin dalam rahim

Ternyata kuota inet-nya masi jalan, hihihi… :p

Guys, aku baru aja nonton video perkembangan janin, jadi membayang-bayang dahulu aku di dalam sana. Dari tiada, menjadi ada, lalu aku juga secara bodon mengingat-ingat apa yang pernah mamah ceritakan padaku.

“Dulu waktu di dalam kandungan, aku selalu berdoa supaya anak yg lahir itu sehat, menjadi anak yang solihah, cantik, dan cerdas…”, makasih mah, love you!!🙂
Lalu apa saja yang terjadi pada janin selama 9 bulan? Maka kita bagi menjadi 3 periode ya, setiap periode disebut trimester, dan setiap trimester lamanya 3 bulan.
Trimester Pertama
Bila pembuahan terjadi maka janin mulai hidup dengan menerima makanan melalui plasenta (ari-ari). Pada trimester pertama inilah perkembangan janin terjadi secara penuh. Pada minggu keempat, tulang belakang, syaraf, beberapa pembuluh darah terbentuk sempurna dan semua sistem.susunan utama dalam tubuh terbentuk. Bnetuk wajah, jari tangan, jari kaki, telinga dan mata telah terbentuk juga. Panjang janin bertambah dari 0,6-3,1 cm. Pada usia inilah bayi sangat mudah terserang infeksi yang sedang diderita ibunya, seperti campak jerman, dan juga mudah terkena dampak dari obat-obatan yang sedang diminum ibunya. Efek dari obat-obatan tersebut dapat merusak janin.
Bermacam-macam gejala dan perubahan dalam tubuh akan dialami oleh ibu hamil. Hal ini disebabkan oleh perubahan kadar hormon dalam tubuh, dan perubahan yang dialami mulai dari trimester kedua disebabkan karena adanya peningkatan tekanan dan bertambah besarnya janin. Perubahan emosionil pada bulan pertama masa kehamilan disebabkan karena adanya peningkatan kadar hormon estrogen dan progesteron. Pada minggu ke-4 pertama kehamilan, ibu sering merasa ngantuk dan juga sering buang air kecil.
Setelah 4-6 minggu, kegiatan hormon mulai mempersiapkan payudara untuk menyusui. Pembesaran payudara terjadi dan kadang-kadang terasa gatal, pembuluh darah kelihatan lebih jelas dan berwarna kebiruan. Puting susu menjadi lebih hitam, dan perubahan warna karena pigmentasi ini juga terjadi pada wajah, di bawah perut dan sekitar alat kelamin. Mual dan muntah-muntah mungkin masih terus berlanjut.
Pada akhir trimester pertama, organ kelamin terbentuk, kepalan tangan dan mulut sudah dapat membuka dan menutup. Pada saat ini, panjang janin kira-kira 10 cm. Pembesaran perut mulai kelihatan dan berat badan bertambah 9-11 kg. Keinginan yang sangat untuk makan sesuatu (ngidam) dan gangguan emosionil adalah hal yang biasa terjadi pada usia kehamilan ini.
Trimester Kedua
Pada usia kehamilan 14 minggu, bentuk wajah, mata hidung, mulut dan telinga telah dapat dilihat dengan jelas. Alat kelamin mulai berkembang dan denyut jantung bayi dapat didengar dengan menggunakan stetoskop. Rambut dan kuku terbentuk pada usia kehamilah 20 minggu.
Rambut halus yang disebut “lanugo” menutupi tubuh bayi yang panjangnya kurang lebih 20 cm dengan berat badan kira-kira 0,5 kg. Pada usia ini, kemungkinan bayi mulai bergerak.
Rasa mual dan muntah-muntah berkurang atau hilang sama sekali pada trimester kedua. Sebaliknya, ibu hamil mungkin merasa energetik dan mempunyai nafsu makan yang baik. Bentuk wajah mulai membesar dan gerakan bayi dapat dirasakan. Pada usia kehamilan 6 bulan, organ-organ penting telah terbentuk. Berat bayi sekarang kurang lebih 1 kg. Munculnya tanda berwarna keputihan (stretc mark) disebabkan karena cepatnya pembesaran perut dan payudara. Dengan bertambahnya berat badan, postur tubuh berubah, dan ibu hamil mungkin merasakan sakit pinggang serta merasa lesu. Efek samping lain yang kurang menyenangkan adalah konstipasi, wasir, gangguan pencernaan, dan varices.
Trimester Ketiga
Pertumbuhan dan pematangan bayi terjadi mulai dari permulaan trimester ketiga. Bayi memutar kepalanya ke arah bawah. Persediaan lemak tubuh berkembang dan bayi bergerak lebih banyak pada usia ini. Karena pertumbuhan dan aktifitas yang sangat cepat dari bayi, ibu hamil pada usia ini sering merasa panas dan berkeringat. Sesak napas kadang-kadang terjadi jika bayi kebetulan menekan paru-paru ibu.
Memasuki bulan ke-9, kepala bayi telah berputar ke posisi bawah dan tidak dapat bergerak dengan mudah. Pada minggu-minggu terakhir dari kehamilan, peubahan-perubahan terjadi dalam tubuh ibu hamil untuk mempersiapkan kelahiran bayi. Leher rahim (serviks) menjadi lebih lunak dan kontraksi lebih jelas. Akhirnya tulang panggul melunak untuk memberikan jalan pada kepala bayi turun ke ke leher rahim. Hal ini menambah keinginan buang air kecil. Berat bayi saat ini kurang lebih 3,2 kg dengan panjang badan kira-kira 45-50 cm. Bayi siap untuk dilahirkan.
Dan inilah video yang menceritakan perjalanan janin di dalam kandungan selama 9 bulan, selamat menikmati! ^^

3 responses

  1. Pingback: 9W | Bundapiaradaku

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s