Sumber Nutrisi Ibu Hamil

 

1. Vitamin A untuk meningkatkan fungsi paru-paru bayi

Selama ini vitamin A dikenal sebagai vitamin penunjang perkembangan dan fungsi mata. Namun, manfaat dari vitamin A ternyata bukan hanya pada mata. Vitamin A juga berpengaruh positif untuk meningkatkan fungsi paru-paru bayi

Hasil riset William Checkley, MD, Ph.D, dari Division of Pulmunary and Critical Care of the John Hopkins School of Medicine, AS, dalam New England Journal of Medicine, edisi Mei 2010, menemukan manfaat lain vitamin A, yakni dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru bayi. Hal ini dapat dilakukan bila selama hamil ibu rajin mengonsumsi vitamin A. Vitamin A  bisa diperoleh dalam bentuk suplemen, sebanyak 40 ml/hari. Dengan mengonsumsi vitamin A ini, fungsi paru-paru janin terbukti akan meningkat sebesar 3%.

Sumber: Di sini

2. Kacang mete berfungsi pembentukan sel darah merah dan sel otot, serta sumber serat

Selain gurih dan empuk, gizi kacang mete juga tinggi karena kaya protein – dibutuhkan untuk membangun sel-sel janin – zat besi untuk membantu pembentukan sel darah merah dan sel otot, serta serat agar ibu terhindar dari sembelit.

  • Porsi anjuran : kurang lebih 1,5 sendok makan per hari.
  • Saran penyajian : Kacang mete sebaiknya digoreng dengan sedikit minyak, jangan dibubuhi garam.

3. Roti Wholegrain membantu mengoptimalkan penyerapan kalsium dan menambah kepadatan dan memperkokoh struktur tulang janin.

Setangkup roti gandum mengandung sekitar 600 kalori, sehingga mengenyangkan. Roti wholegrain juga kaya magnesium untuk membantu mengoptimalkan penyerapan kalsium agar dapat menambah kepadatan dan memperkokoh struktur tulang janin. Sementara, seng bermanfaat untuk membantu pertumbuhan sel-sel janin.

  • Porsi anjuran: 2 lembar per hari.
  • Saran penyajian: Dioles keju lembaran, garlic butter, atau ditambah tomat dan mentimun.

4. Telur berfungsi membangun daya tahan tubuh dan membantu penyerapan kalsium.

Inilah sumber vitamin D terbaik guna membangun daya tahan tubuh yang kadang menurun saat hamil. Vitamin D juga membantu penyerapan kalsium. Selain itu, telur mengandung vitamin A, B Kompleks dan sejumlah mineral seperti zat besi, fosfor, kalsium dan sodium.

  • Porsi anjuran: 1 butir sehari.
  • Saran penyajian: Direbus atau sebagai campuran salad sayur/buah, dengan dressing olive oil. Hindari telur mentah atau setengah matang karena berisiko mengandung bakteri Salmonella.

5. Salmon baik untuk pembentukan sel-sel tbuh dan saraf otak janin

Ikan yang satu ini terkenal juara akan kandungan asam lemak tak jenuh Omega-3. Nutrisi tersebut sangat baik untuk pembentukan sel-sel tubuh dan saraf otak janin. Selain itu salmon juga kaya protein, kalsium, fosfor dan vitamin D.

  • Porsi anjuran: kurang lebih 350 gram (2 sampai 3 porsi) per minggu.
  • Saran penyajian: Untuk isian roti wholegrain atau campuran salad sayuran dengan dressing olive oil.
  • Jangan makan ikan salmon mentah karena berisiko tercemar bakteri E. Coli dan Salmonella.

6. Bayam menambah asupan asam folat yang mencegah janin mengalami kelainan saraf

Bayam. Dulu di Eropa dan Australia bayam dikenal sebagai tanaman hias! Baru tahun 1960-an disadari sayuran kesukaan Popeye ini kaya akan serat, protein, dan zat besi. Mengonsumsi bayam, yang kaya asam folat, juga dapat mencegah janin mengalami spina bifida atau kelainan pada tabung saraf (neural tube defects).

  • Porsi anjuran:1 mangkuk per hari.
  • Saran penyajian: disayur bening atau sebagai isian lasagna.

7. Ubi manis meingkatkan sistem kekebalan tubuh janin

Indonesia kaya akan ubi: ubi putih, merah, kuning dan ungu. Ubi sarat vitamin A yang berguna untuk pertumbuhan sel-sel tubuh dan sistem kekebalan tubuh janin. Juga kaya dengan beta karoten yang akan diolah tubuh menjadi vitamin A, dan Retinol sebagai salah satu jenis vitamin B.

  • Porsi anjuran: 1 butir ukuran sedang per hari.
  • Saran penyajian: Dipanggang atau direbus.

Sumber: Di sini

8. Labu Kuning

Dengan berat 3-5 kg, labu kuning bisa berbentuk bulat pipih, lonjong, atau panjang, tergantung varietasnya. Buah muda berwarna hijau, sedangkan yang lebih tua berwarna kuning pucat. Warna kuning atau oranye daging buahnya pertanda kandungan karotenoidnya sangat tinggi. Karotenoid dalam buah labu sebagian besar berbentuk beta karoten. Apa saja zat gizi dalam labu:

Vitamin A dan beta karoten. Beta karoten adalah pigmen warna kuning-oranye yang jika dicerna di dalam tubuh kita, akan berubah menjadi vitamin A. fungsi vitamin A dan beta karoten antara lain berguna bagai kesehatan mata dan kulit, kekebalan tubuh serta reproduksi. Selain itu, zat gizi ini mempunyai manfaat sebagai antiokasidan sehingga dapat mengutangi risiko terjadinya kanker dan penyakit jantung.

Vitamin C. Salah satu jenis vitamin yang larut dalam air ini, sangat diperlukan untuk metabolisme tubuh. Vitamin C juga berperan pada fungsi kekebalan tubuh dan sebagai antioksidan.

Zat besi. Zat gizi ini terutam diperlukan dalam pembentukan darah, khususnya hemoglobin (Hb). Makanan yang mengandung zat besi perlu, karena belak zat besi dari ibu saat bayi dilahirkan akan berangsur-angsur habis.

Kalium. Fungsi utama kalium adalah menunjang kelancaran metabolisme tubuh. Hal ini penting dalam menjaga keseimbangan air dfan elektrolit (asam-basa) di dalam sel tubuh.

Kelebihan lain dari labu kuning adalah kandungan seratnya yang tinggi, bermanfaat mengurangi resiko sembelit. Di samping itu, kandungan lemak labu kuning juga rendah sehingga Anda tak perlu takut balita mengalami kegemukan asal dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

sumber: Di sini

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s