Ajak Ballita Bermain Warna

Ajak balita bermain dengan mengeksplorasi warna-warna. Kegiatan ini tidak hanya menghiburnya, tetapi juga mengajarinya mengenal dan mengingat warna.

Pasti seru jika balita bisa bermain sambil belajar. Terutama dalam masa-masa emasnya, banyak yang harus dipelajari balita. Dengan permainan, maka pelajaran bagi balita menjadi menyenangkan. Salah satunya pengenalan terhadap warna, Anda bisa menggunakan permainan-permainan ini untuk balita belajar mengenal warna:

* Bowling mainan (warna-warni). Ajak ia menjatuhkan pin bowling dengan warna tertentu. Fungsi: mengaktifkan gerak melempar dan fokus pada anak.
* Tebak warna. Anda bisa membuat memori/ Flash Card sendiri. Biarkan balita ikut menempel kertas lipat berwarna pada karton tebal. Fungsi: melatih pengenalan warna dan daya ingat.
* Mainan pemisah warna dan bentuk (sorting toy). Ketika bayi, anak pasti suka bermain dengan boks yang memiliki lubang aneka bentuk ini. Anda juga bisa membuat mainan ini bersama balita menggunakan karton dan kaleng bekas susunya. Kumpulkan aneka mainan beragam bentuk, lalu lobangi karton sesuai bentuk mainan-mainan. Tutup karton ke atas kaleng susunya, dan biarkan balita memasukkan dan mengeluarkannya sambil menyebut warna dan bentuk.
* Mandi bola (warna-warni). Balita bisa bermain air di kolam renang karetnya dengan ratusan bola warna-warni yang bisa dibeli di pusat perbelanjaan.
* Melipat dengan kertas warna-warni. Biarkan balita berkreasi dengan kertas melipat warna-warni, walaupun ia hanya meremas-remasnya menjadi bola kertas. Ajak ia memilih kertas dengan warna tertentu.

Untuk melengkapi permainan dengan balita, Anda bisa menggunakan beberapa jenis alat permainan ini:

* Mainan pemilah bentuk dan warna (sorting toys)
* Plastisin/Play Dough aneka warna
* Balok susun kayu aneka warna dan bentuk
* Puzzle tiga dimensi dengan warna menyolok
* Buku cerita bergambar, bertema warna.

Selamat bermain!

 

===

 

Repost from: HERE

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s