Yang Mengganggu Iktikaf

Hari kedua iktikaf ini, ada beberapa hal yang saya perhatikan dari kegiatan ibadah saudara-saudara saya sebangsa dan setanah air. Ya, mendekati hari H lebaran rupanya tidak mengurangi semangat teman-teman untuk menunaikan ibadah iktikaf di masjid (kampus UGM), buktinya selama dua hari berturut-turut saya di sini melihat setiap sudut rumah Allah penuh dengan orang-orang yang khusyu’ dalam ibadahnya.

Tapi, ada beberapa hal juga yang saya perhatikan cukup menganggu dan mengusik hati dan pikiran saya belakangan ini *ciehhh… :p

pertama, tentang alarm HP. Ya, setiap orang di dalam masjid tersebut masing-masing ternyata memiliki rencana bangun yang berbeda-beda, jadi masing-masing pun menyetting alarm sendiri-sendiri. Ada yang jam 01.00, ada yang jam 02.00, ada pula yang jam 03.00, macam-macamlah pokoknya. Ya, itu hak masing-masing orangnyalah. Tapii… ada satu hal yang saya rasa cukup menganggu, yaitu nada alarm HP, ya… selain masing-masiing memiliki jam alarm sendiri-sendiri, ternyata bunyi alarm HP masing-masing orang berbeda-beda!! Semuanya disetel dalam tingkat bunyian yang cukup keras sehingga orang yang rencananya bangun jam berikutnya ikut terbangun, terus… seperti itu…, Sudah begitu, nada alarm yang berbunyi pun macam-macam, ada yang bunyinya standar alarm HP, ada pula yang bernasyid melo (yang mungkin menyebabkan si empunya HP semakin dalam tidurnya :D), ada yang nasyid khas haroker, ada pula musik disco yang membuat teman disamping saya (sengaja) menggeleng-gelengkan kepalanya, mengangguk-angguk, sambil menggoyangkan jempol jarinya (saya ketawa saja :D). Ada pula yang alarm adzan, sehingga cukup membuat kaget jama’ah yang tengah mengistirahatkan diri. dan yang paling heboh adalah alarm bunyi tembak-tembakan, mungkin beberapa jama’ah ada yang terbangun dengan kaget dan mengira tentara Israel sudah sampai Indonesia. Hehe…

Kedua, yaitu ibu-ibu yang membawa balita/batitanya. Bukan apa-apa sih, namun saya kok lebih kasihan dengan sang anak karena beberapa kali saya mendengar anak batita yang terbatuk-batuk sekaligus seperti sesak napas. Ditambah udara malam yang dingin karena kebetulan masjid ini setengah terbuka (di lantai 2).

Ketiga, jama’ah yang membaca Al Quran dengan suara keras. Dua hari ini saya tidak menemukan sih, tapi setahun yang lalu saya ingat pernah ada jama’ah putri yang ngaji keras sekali sehingga waktu saya turun ke bawah mengambil wudhu ditegur seorang takmir masjid untuk menegur mbak-mbak yang ngaji terlampau keras tersebut.

Selebihnya oke-oke saja, seperti antri wudhu, gosok gigi, kamar mandi, pesan makan sahur, dan seterusnya sih standar, tidak terlalu menimbulkan masalah.

Semoga Iktikaf tahun ini di bulan ramadhan, berkah dan mendapat rahmat Allah SWT, Taubatnya diterima, dibersihkan dari dosa-dosa kita, dijadikan istiqomah dan teguh langkah kita di jalan-Nya, dimudahkan segala urusan kita, diperingan rezeki dan jodoh kita, AMIN….!!!!!!

Dan tulisan ini juga diposting di JURNAL INI

8 responses

  1. Romantika i’tikaf. Seru juga ya. Tahun lalu (atau dua tahun lalu ya?) saya juga punya pengalaman serupa. ‘Terganggu’ oleh batita yang dibawa bundanya ikut i’tikaf di masjid, tapi jadi pengalaman bersabar. Terjaga kembali saat terkantuk di tengah-tengah tahajjud ketika imam mengulang ayat yang sama hingga 4 kali, dan berulang lagi di beberapa ayat lainnya. Satu lagi, ketika sedang asyik baca quran dan termehek-mehek sendiri, eh… ‘diusir’ oleh penjaga masjid karena masjid hendak dibersihkan. Malu hati, sambil menyusut air mata, saya keluar juga dari masjid.
    Salam ukhuwah ya.

    • kalau ada mahram atau tempatnya tertutup sih mungkin g papa..tapi kan rawan-rawan juga hehe
      insya alloh rumah lebih baik bagi wanita walau rasulullah tidak melarangnya apabila sudah terpenuhi syarat-syaratnya ^^

      • Tempatnya tertutup dan terpisah dgn tempat iktikaf ikhwan kok krn di lantai dua dan tempat wudhunya jg sudah ada di lantai 2 khusus utk perempuan🙂

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s