Perkembangan Bayi Dari Bulan 1-9 (1/3)

(Minggu pertama hingga minggu ke 16)

Pada usia kehamilan seminggu yaitu setelah 8 hari setelah proses pembuahan terjadi, blastocyst (kini memiliki 200 sel) merembeskan lendir untuk memberitahu kehadirannya di dalam rahim.

Memasuki minggu ke-2, blastocyst menggelembung dan sel-sel mulai berkembang dan terbagi kira-kira 2 kali sehari sampai pada hari yang ke 12 jumlahnya telah bertambah dan membantu blastocyst terpaut kokoh pada endometrium.

Kemudian masuk minggu ke-3 setelah proses pembuahan terjadi, ukuran embrio terbentuk dan ukurannya hanyalah sepanjang 0.08 inci / 2 mm. Gen janin mulai ingin membentuk dalam 3 lapisan benih (sel) dari organ yang akan bergabung.

Pada minggu ke-4 berikutnya, janin sudah mulai membentuk struktur dasar manusia dimana sel-sel mulai bergabung dan pada masa itu embrio sudah mulai memanjang sekitar 1 / 4 inci / 6 mm. Pada waktu ini sudah terlihat pembentukan otak dan tulang belakang serta anggota lain seperti jantung yang memompa darah ke paru-paru dan aorta (urat besar yang membawa darah dari jantung).

Embrio akan terus membesar sehingga pada minggu ke-5 ditemukan ada 3 lapisan yaitu ectoderm, mesoderm dan endoderm. Ectoderm adalah lapisan yang paling atas. Ini akan membentuk sistem saraf pada janin tersebut yang seterusnya membentuk otak, tulang belakang, kulit serta rambut. Sedangkan lapisan mesoderm pula yang berada pada lapisan tengah akan membentuk organ penting yang dasar yaitu jantung, ginjal, tulang dan organ reproduktif.

Selain itu, kita harus tahu bahwa dalam pembentukkan janin ini, sistem peredaran darah adalah yang pertama terbentuk dan berfungsi. Terakhir adalah lapisan endoderm yaitu lapisan paling dalam yang akan membentuk organ dalam seperti usus, hati, pankreas dan kandung kemih.

Kalau kita gambarkan ukuran janin 6 mm itu hanyalah sebesar biji semangka saja.

Pada minggu ke-6, jika pemeriksaan secara ultrasound dilakukan, kita akan dapat melihat janin sudah membentuk ke dan badan. Biasanya getaran jantungnya juga sudah dapat terdeteksi.

Setelah usia janin minggu ke-7, bentuk bayi semakin jelas terbentuk. Kepala bayi seolah tertunduk dan berada dalam cairan ~ air ketuban atau amnotic sac yang akan memberikan kebutuhan pertumbuhan bayi saat dalam konten.

Untuk pengetahuan, pada kandungan minggu ke-8, rupa bayi sudah mulai terbentuk antaranya pembentukan lubang hidung, bibir, mulut serta lidah. Matanya juga sudah kelihatan berada di bawah membran kulit yang tipis. Saat ini juga anggota tangan serta kaki juga terbentuk walaupun tidak berapa jelas lagi.

Ukuran bayi pada usia minggu ke-9 hanyalah sebesar sebiji anggur yaitu dalam ukuran seinci. Pembentukan telinga sudah terlihat pada waktu ini. Dan yang paling mengembirakan bagi bakal ibu adalah pada saat inilah bayi kita sudah mulai mengerakkan anggota badannya. (Sudah dapat menggerakkan radius tangan sedangkan radius kakinya masih bergabung).

Pada usianya masuk minggu ke-10, bayi kita sudah kelihatan seperti manusia yang lengkap. Pada minggu ini, payudara ibu akan sedikit membengkak karena ada cairan oestrogen dan progesteron sebagai persiapan untuk menyusui kelak.

 

10 minggu

Pada usia kehamilan minggu pertama – minggu ke 10, ibu yang hamil sangat membutuhkan zat besi. Dengan zat besi tersebut dapat membantu ibu hamil untuk menghilangkan rasa mual, muntah-muntah serta alergi. Dengan zat besi yang mudah hadam juga dapat membantu pertumbuhan janin. Antara sindromyang dapat dicegah atau dikurangi dengan konsumsi zat besi ini adalah dapat mencegah demam, batuk, pilek, dingin-dingin, sakit kepala, sakit gigi dan lain-lain lagi. Paling penting ia juga turut membantu melancarkan aliran darah dan mencegah dari masalah urat bersimpul di betis dan kaki serta menghilangkan letih dan lesu.

 

Pada usia kehamilan masuk minggu ke-11, bayi dalam kandungan akan mulai suatu proses pertumbuhan yang pesat dan mulai mengangkat kepala ke atas jauh dari dadanya. Alat kelamin luar juga mulai terbentuk tetapi masih kecil sehingga sulit untuk melihat kelaminnya apakah pria atau perempuan dengan cara pemindaian.

 

12 minggu

Jadi menjelang minggu ke-12 yaitu usia kehamilan 3 bulan, kebanyakan wanita akan mulai terlihat tanda-tanda fisik pada kehamilannya. Sekarang bayi akan membesar dengan cepat. Ukuran bayi dalam kandungan akan bertambah beberapa milimeter setiap hari. Wajahnya juga semakin jelas.

 

 

Jari jemari kaki dan tangan mulai terbentuk termasuk telinga dan kelopak mata. Berat bayi pada masa ini adalah sekitar satu ons (28g) dan panjangnya dalam 8 cm.

Risiko keguguran berkurang pada minggu ke-12 karena bayi semakin kuat posisinya. Saat ini bayi dah bisa menguap, menggeliat, memutar badan tetapi karena ukurannya yang masih kecil kita tidak akan dapat merasakan apapun pergerakan.

Minggu ke-13, kepala bayi membesar dengan lebih cepat dari yang lain-lain. Badannya juga semakin membesar untuk mengejar pertumbuhan kepala. Berat bayi kita kini bisa mencapai sekitar 30g. Kuku kaki dan tangan juga mulai tumbuh. Saat ini puan mungkin akan mengalami perubahan signifikan akibat perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh. Misalnya rembesan minyak menyebabkan wajah kita berbintik-bintik. Kita harus banyak minum air hangat / masak serta membersihkan muka paling tidak 2-3 kali sehari.

Memasuki minggu ke-14 detak jantung bayi akan semakin kuat dan kita sudah bisa mendengarnya dalam tes pemindaian. Lajunya adalah 2 kali lipat kecepatan jantung kita. Saat ini bayi terlihat kurus karena belum ada lapisan lemak. Kulitnya juga sangat nipis sehingga kita dapat melihat saluran darahnya. Pada tahap ini juga biasanya ibu hamil akan mengalami masalah sembelit karena pergerakan usus cenderung diperlahankan saat hamil. Jadi jangan memakai pakaian yang ketat atau sendat agar lebih nyaman.

Minggu berikutnya yaitu minggu ke-15, bayi kita sudah mampu menggenggam tangannya dan menghisap ibu jari. Kelopak matanya masih tertutup dan akan terus kekal tersebut sehingga minggu ke-26. Meskipun begitu bayi dapat mengetahui perubahan cahaya ketika ini. Bayi kita juga sudah bisa menelan. Puan akan merasa perubahan signifikan karena garis pinggang kita akan mengembang dan jantung mulai berdegup 20% lebih cepat karena volume darah mengalir dalam badan telah meningkat.

Jadi banyakkan senaman ringkas atau puan juga dapat melakukan aktivitas berenang untuk meringankan gejala kehamilan dan menyediakan stamina manjadi lebih kuat ketika proses kelahiran kelak.

 

16 minggu

Minggu ke-16. Kehamilan kini sudah 4 bulan. Saat ini badan kita perlu senantiasa sehat dan bertenaga. Bayi kita telah terbentuk sepenuhnya dan perlu diberikan nutrisi yang secukupnya oleh plasenta. Bayi kita mulai menerima nutrisi dari plasenta sejak minggu ke-14. Kini bayi dalam kandungan telah memiliki tulang yang kuat dan dia juga sudah dapat mendengar bunyi-bunyian untuk pertama kali.

sumber: DI SINI

About these ads

10 responses

  1. Terimakasih ya,bundaa…
    Artikel bunda selain simple juga sangat membantu & bermanfaat untuk tugas sekolah saya ( IPA Biologi ).
    Sekali lagi makasih,yaa..???
    ^_^

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s